Sabtu, 20 Januari 2024

Ilmu Komunikasi UMM, Siap Kerja di Dunia Digital

   Kommaksi Merupakan Acara reward tahunan dari prodi Ilmu Komunikasi UMM 
 
    Lulus SMA kemarin, saya sempat bingung untuk memilih jurusan apa yang saya pilih di perkuliahan nantinya. Saya lulus SMA berasal dari jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dimana jurusan yang harus saya pilih nantinya harus selaras dengan jurusan tersebut. Setelah pencarian jurusan yang tepat, saya memutuskan untuk memilih Ilmu Komunikasi dikarenakan saya merasa pada jurusan tersebut sangat relate dengan kehidupan sehari-hari saya yaitu berkomunikasi atau bersosialisasi. Saya lebih memilih jurusan terlebih dahulu daripada perguruan tinggi sehingga saya memprioritaskan untuk mendahulukan jurusan saya daripada kampus tersebut. 
    Pada akhirnya, saya memilih jurusan Ilmu Komunikasi dengan perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah Malang. Jurusan Ilmu Komunikasi di UMM terakreditasi A dan baru baru ini mendapatkan sertifikasi FIBAA yang merupakan lembaga sertifikasi internasional pada bidang sosiohumaniora. Oleh sebab itu, saya semakin yakin dengan jurusan Ilmu Komunikasi di UMM ini terlebih lagi, di Ilmu Komunikasi UMM membuka program COE (Center Of Excellence) yaitu Creative Digital Communications. Program tersebut bertujuan untuk mengajak mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman atau gambaran umum mengenai bekerja di dunia industri digital atau kreatif. Selain itu, program tersebut juga akan bekerja sama dengan mitra-mitra perusahaan atau komunitas agar meningkatkan sinergi pada program tersebut. Pada program COE di Ilmu Komunikasi menyediakan 4 kelas unggulan yaitu digital branding, PR, dan marketing, konten development dan digital videografi, digital jurnalis dan copywriting serta media analisis. 
        Jurusan Ilmu Komunikasi di UMM ini memberikan laboratorium yang dijadikan media-media bagi mahasiswa untuk memperdalam atau menggunakan lab tersebut sebagai pembelajaran tambahan seperti kegiatan praktikum. Ilmu Komunikasi di UMM juga memberikan wadah dan arahan bagi mahasiswa yang ingin lebih fokus dalam satu bidang di ilmu komunikasi, wadah tersebut berbentuk sebagai peminatan sebagai berikut, peminatan audio visual (AV), Public Relations (PR) dan Jurnalistik. 
        Pada Ilmu Komunikasi di UMM, saya belajar mengenai teori atau kajian di ilmu komunikasi dan juga praktik ilmu komunikasi di masa kini seperti analisis media, perencanaan strategis, riset dan berkerja sama dengan klien atau instansi pemerintah/swasta serta mempelajari mengenai etika komunikasi. Praktikum yang disediakan oleh jurusan ilmu komunikasi pun berjalan selama 3 semester berturut-turut dengan pelaksanaan yang berbeda pada tiap semesternya. Pelaksanaan praktikum tersebut juga menyesuaikan dengan peminatan yang dipilih oleh mahasiswa. Selain itu, ilmu komunikasi di UMM memiliki tagline menarik yang bagi saya tagline tersebut telah diterapkan pada tiap aspek pembelajaran kepada para mahasiswanya. Tagline tersebut berbunyi Creative, Communicative, Collaborative atau disingkat 3C. Tagline tersebut juga sangat sesuai dengan keadaan industri di era sekarang yang dituntut untuk selalu kreatif dan kolaboratif 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pilih Kesuksesan yang Cepat atau Kesuksesan yang Lambat?

     Seorang remaja yang telah beranjak dewasa, tentunya akan dihadapi dengan beberapa realita yang pahit dalam kehidupan. Ditambah lagi, me...